Arbain Al-Jiyad Hadits 17: Jihad Semboyan Bangsa Muslim

Submitted by admin on Thu, 10/29/2020 - 06:57
Penulis
Tauhid wal Jihad

عَنْ عُرْوَةُ الْبَارِقِيُّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْخَيْلُ مَعْقُودٌ فِي نَوَاصِيهَا الْخَيْرُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ الْأَجْرُ وَالْمَغْنَمُ

“Dari ’Urwah Al-Bariqiy bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Pada kuda perang terikat pada ubun-ubunnya kebaikan hingga hari qiyamat, berupa pahala dan ghanimah (harta rampasan perang).”

Setiap bangsa memiliki gelar, semboyan dan slogan yang mengakar kuat dalam setiap tindakan mereka. Menjadi sebuah doktrin dan kesemangatan bekerja untuk mencapai tujuan. Seperti manusia memiliki gelar yang dia banggakan demikian juga bangsa memiliki gelar dan semboyan yang menjadi panduan aturan kehidupan berbangsa.

Bangsa muslim ini juga memiliki gelar dan semboyan yang menyemangati mereka untuk terus bekerja dan beramal. Semboyang mereka adalah “al-jihad.” Semboyan yang mewujudkan konsistensi kehidupan dan juga tegaknya sendi-sendi kehidupan mereka serta mewujudkan kehidupan akhirat dan syahadah.

Hadits ini membicarakan mengenai kekhususan binatang ini, yaitu kuda perang. Karena dia menjadi lambang jihad dan perang yang merupakan semboyan umat ini. Karena binatang ini pula, seseorang yang ahli mengendarai kuda perang digelari al-furusiyah. Gelar yang menunjukkan fitrah suci manusia yang masih lurus karena memiliki kemuliaan dan keberanian.

Allah ta’ala telah menentukan beberapa ciptaan-Nya memiliki kekhususan dan keistimewaan daripada ciptaan-Nya yang lain. Seperti kekhususan emas dan perang sebagai ukuran mata uang. Demikian pula Allah menciptakan kuda perang dengan suatu kekhususan dan keistimewaan daripada binatang lainnya.

Hadits ini menjelaskan syariat umat ini yang berlangsung hingga hari kiamat. Syariat yang mengumpulkan kebaikan dunia dan akhirat. Kebaikan di dunia adalah harta ghanimah sedangkan kebaikan akhirat adalah pahala yang diperoleh umat dari amal jihad ini.

12 Rabiul Awal 1442 H / 29 Oktober 2020