Arbain Al-Jiyad Hadits 33: Mewaspadai Makar Ilahy

Submitted by admin on Tue, 03/09/2021 - 07:03
Penulis
Tauhid wal Jihad

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ النَّبِيُ صَلَّىَ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لا يَأْتي ابْنَ آدَمَ النَّذْرُ بشيءٍ لَمْ يَكُنْ قُدِّرَ له، ولَكِنْ يُلْقِيهِ النَّذْرُ إلى القَدَرِ قدْ قُدِّرَ له، فَيَسْتَخْرِجُ اللَّهُ به مِنَ البَخِيلِ، فيُؤْتي عليه ما لَمْ يَكُنْ يُؤْتي عليه مِن قَبْلُ

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bersabda Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam: “Nadzar tidak akan mengantarkan anak adam kepada sesuatu yang tidak ditakdirkan baginya, namun nadzar mengantarkannya kepada takdir yang telah ditakdirkan baginya. Dengan nazhar Allah mengeluarkan harta orang bakhil, sehingga mengantarkannya kepada sesuatu yang belum ia dapatkan sebelumnya.” (Al-Bukhari)

Hadits mulia ini merupakan permisalan makar Allah pada hamba muslim (al-makru al-ilahy), tatkala seseorang mensyaratkan akan bersedekah dengan suatu nazdar jika Allah memenuhi keinginannya. Padahal apa yang dia inginkan tersebut terealisasi bukan karena Allah melihat pada nazharnya. Tetapi karena memang itu merupakan takdirnya yang dia tidak perhatikan.

Orang ini menyangka, niat nazharnya itulah yang menyebabkan keinginannya dipenuhi oleh Allah. Lalu ia bersedekah di atas syarat kebakhilannya itu. Orang yang bakhil akan mengeluarkan hartanya dengan suatu syarat; apabila keinginannya terpenuhi. Apabila ia mendapatkan keinginannya dia akan bersedekah namun andai gagal dia membatalkan sedekahnya.

Ketika dia mendapatkan keinginannya, mengira semua itu karena syarat sedekah yang dia ucapkan. Padahal keinginannya itu karena memang sudah Allah takdirnya bukan karena syarat yang dia ucapkan.

Inilah yang disebut makar ilahy persoalan yang wajib diperhatikan dan berhati-hati dengannya. Sebab munculnya makar ilahy dari kebodohan dan kelalaian yang dilakukan oleh seseorang.

Tidak boleh menetapkan sesuatu kecuali dengan syariat yang shahih atau timbangan yang pasti. Selain itu disebut mengada-ada dan menebak-nebak. Sepanjang sejarah, pintu bidah terbuka karena persoalan mengada-ada dan menebak.

Persoalan menautkan hal ghaib dengan alam nyata jika tidak dikendalikan dengan prinsip-prinsip yang matang akan menyeret pada penyakit dan merusak kehidupan. Seimbang dalam meletakkan mana hukum syari dan mana hukum takdir telah diajarkan dalam sunah nabawiyah.

Berlebihan pada salah satunya menyebabkan seseorang terjatuh pada kesesatan dan penyimpangan. Seseorang yang terlalu memperhatikan hukum alam dan bersandar padanya namun lalai memperhatikan hukum syariat dan perkara ghaib menyebabkan diharamkan pada taufik Allah. Dengan hanya menyandarkan hukum-hukum alam itu dia merasa bahagia tapi tidak menyadari makar Allah akan menimpanya.

Di pihak lain terdapat orang yang terlalu menyandarkan pada hukum-hukum syariat tetapi dia lalai dengan hukum takdir dan proses hukum sunatullah terwujudnya takdir. Pada akhirnya terjatuhlah dia pada penyimpangan, kehancuran dan khayalan. Kelompok inilah yang paling banyak muncul mewarnai sejarah.

Dalam hadits ini terdapat tiga bentuk makar ilahy: 1. Meninggalkan amal shalih. 2. Melakukan amal shalih dengan syarat keinginannya terpenuhi. 3. Menganalisis kejadian berdasarkan hawa nafsu, kemudian terjadilah fitnah.

Sebab utama terjadinya makar ilahy ini karena meninggalkan amal dan kebodohan. Keduanya berkaitan dengan ilmu dan iradah.

25 Rajab 1442 H / 9 Maret 2021