Ungkapan Al-Quran Tentang Jatuh Cinta pada Seseorang yang belum Halal

Submitted by admin on Wed, 07/08/2020 - 06:32
Penulis

قَدْ شَغَفَهَا حُبًّا
"Sungguh cintanya telah meluap-luap menyelimuti hatinya." (Yusuf: 30)

Ayat yang mulia ini mengungkap mengenai cinta manusia, terutama cinta yang tidak halal. Keindahan ungkapan Allah ta'ala dahsyatnya cinta dengan firman-Nya QOD SYAGAFAHA HUBBA.

Al-Hub (cinta) tatkala telah merasuk mendalam dalam hati seseorang maka cinta itu akan menyelimuti dan menutupi seluruh hatinya dengan sempurna. Sehingga dia tenggelam dalam cinta atau dimabuk cinta. Al-Quran menyebutnya dengan SYAGAFAHA HUBBA.

الشَّغاف (asy-syaghaf) artinya adalah daging hati bagian luar atau kulit, jika hati memiliki kulit. Sebagaimana diriwayatkan oleh Ikrimah, Mujahid, Ibnu Abbas.

Sehingga arti SYAGAFAHA HUBBA yaitu: cinta yang mencapai bagian hati bagian luar kemudian merasuk menembus kedalamnya. Sehingga dalam ayat mulia ini, cinta adalah suatu proses yang memiliki tingkatan. Dan tingkat cinta paling tinggi yaitu ketika cinta itu bisa merasuk kedalam hati seseorang secara bertahap.

Arti lain dari asy-syaghaf yaitu gila, sebagaimana riwayat dari Asy-Syabi. Sebab cinta itu bisa membuat seseorang menjadi gila atau hilang akal, waliyazhubillah. Semakna makna ini yaitu riwayat dari Adh-Dhahak yang menafsirkannya dengan cinta yang menghancurkan dirinya.

Sedangkan Al-Hasan dan ahlul Madinah menafsirkannya dengan: membatin cinta, menyembunyikan cinta atau memendam rasa cinta. Sebab cinta paling mendalam adalah cinta yang dirahasiakan, dipendam. Salah satu sebabnya karena belum halal, dan itu sangat menyakitkan.

Zen Ibrahim
Bada subuh 17 Dzulqodah 1441 H 
 

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.