Silsilah Ramadhaniyah 1440H

menjadi pribadi tangguh

 

Submitted by admin on Wed, 06/05/2019 - 02:33

Silsilah ramadhaniyah

Silsilah Ramadhaniyah tahun 1440H merupakan tulisan berseri bertemakan Al-Quran dan ramadhan. Serial ini merupakan program ilmiah Grup Pustaka Qolbun Salim dan Grup Mutiara Muslimah Qoshirotuth Thorf selama ramadhan.

Tulisan diolah dan disarikan dari Kitab Tafrigh Kalimatul Muriyah Kalimatu Ramadhaniyah 1439H karya Syeikh Umar Mahmud Abu Qatadah Al-Falestini hafizhahullah. Kitab ini merupakan harta karun penuntut ilmu yang kaya berbagai macam faidah dan tashih mafahim (meluruskan pemahaman) mengenai beberapa persoalan.

Maksud diolah dan disarikan yaitu; kami mengambil intisari dari tulisan beliau dengan bahasa kami. Beberapa kalimat kami terjemahkan bebas agar lebih mudah dicerna. Tentunya kami juga melakukan sedikit pengembangan supaya penjelasannya lebih mudah dipahami.

Sebabnya, tulisan beliau terbagi menjadi 29 halaqah (seri) dan dalam satu seri terdapat banyak pokok tema. Pembahasan beliau terlalu melebar, kita harus bekerja keras untuk memilah tema-tema tersebut. Menjadi sangat berat untuk dimengerti dan diterjemahkan.

Dari seluruh isi buku sebanyak 121 halaman, kami hanya sempat menyusun sekitar 10 persen saja yang terbagi menjadi 12 silsilah. Kami mengakui kurang maksimal karena berbagai kesibukan di yayasan dan pesantren. Belum lagi persoalan teknis, rusaknya laptop pinjaman yang kami gunakan menulis.

Tentunya, tulisan ini jauh dari sempurna. Bahkan bisa jadi terdapat pengertian yang melenceng dari maksud yang diinginkan penulis kitab. Karena itu silahkan untuk merujuk pada kitab asli dan saya memohon ampunan pada Allah ta’ala.

Kami berharap, usaha kecil ini ikhlas karena Allah azza wa jalla dan diterima disisi-Nya sebagai amal shalih.

Download
Download Ebook Kami

Kami telah menyiapkankannya dalam bentuk Ebook Cetak, Ebook smartphone, Epub, Text murni dan WA format.

Download Sekarang

Zen Ibrahim

2 Syawal 1440H