Dakwah

Pengaruh Pemikiran Sukulerisme pada Model Lembaga Dakwah dan Pendidikan

Submitted by admin on Sat, 05/14/2022 - 09:27

Pokok pikiran sekularisme memisahkan din dan dunia. Urusan din diserahkan pada pribadi masing2 sedang urusan dunia menjadi pekerjaan kolektif (baca: keumatan).

Karena kehidupan kita di bawah bayang-bayang sekularisme sejak lama yang mengatur seluruh sendi kehidupan dan hukum, tanpa sadar dan tanpa sengaja dakwah terpengaruh. Contoh: taklim, mengajar, membina adalah agenda yayasan dan lembaga (baca: keumatan). Apapun yg dibutuhkan selama itu agenda umat akan diusahakan dipenuhi. Sedang urusan asap dapur rumah tangga itu urusan individu masing-masing (beras habis pikir sendiri).

Perkara yang Meneguhkan

Submitted by admin on Fri, 09/24/2021 - 12:58

Sebab kesibukan dai untuk mempertahankan dirinya agar tidak jatuh dalam perbuatan dosa merupakan usaha yang melelahkan dan memenatkan dalam satu waktu dia harus berdakwah menyeru kebaikan. Kedudukan yang diperoleh Nabi dalam ayat ini mencegahnya melakukan istighfar pada dosa yang dilakukan (sebab beliau terjaga dari dosa), tetapi beliau melakukan istighfar diatas makna agung yang telah kami jelaskan. Cukup bagimu untuk memahami saat ada orang yang mengatakan pada Musa ‘alaihissalam: