Submitted by admin on Wed, 05/11/2022 - 01:53

Ayat ini juga seruan untuk zuhud dengan dunia. Karena seorang hamba yang hatinya tersemat raghbah pada Allah akan menghalanginya dari raghbah pada dunia. Sifat ini merupakan kedudukan para ulama pemberi petunjuk dan din sepanjang sejarah kita. Ketika ahlul ilmi dan din berebutan dunia maka kepemimpinan mereka juga akan lenyap seperti lenyapnya kewibawaan, bekas dan perkataan mereka dihadapan manusia.

Di zaman kita ini banyak tersebar petuah, ceramah, makalah dan buku. Ilmu telah tersebar luas dan banyak penimba ilmu yang menyebarkannya. Namun hari ini manusia lemah dalam masalah zuhud dan masyarakat melihat masalah ini. Karena itulah perkataan ahli ilmi tidak membekas di hati manusia dan juga tidak membekas di hati orang yang mengucapkannya. Inilah yang disebut wahn yang disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :

حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ

“Cinta dunia dan takut mati.” (Sunan Abu Dawud)

Jangan anda terkecoh dengan tafsiran-tafsiran dan penjelasan-penjelasan semu tanpa amalan nyata yang dipraktikkan. Banyak perkataan dan ceramah yang tersebar di masyarakat sayang kualitasnya berkurang karena lemahnya cita-cita dan iradah untuk akhirat. Setiap orang mengaitkan sebab dan sebab kepada orang lain, maka orang awam melemparkannya kepada para ulama.

Kemudian ketika masyarakat menolak seruan ulama, ulama melihatnya sebagai penentangan masyarakat pada ulama. Padahal masyarakat menolak karena melihat kosongnya iradah kematian pada ulama karena sudah terjatuh pada dunia. Ketika ulama telah kehilangan takutnya pada kehilangan dunia, ketika telah hilang seluruh ketakutannya pada kesulitan yang akan menimpanya karena menyeru pada al-haq dan mengamalkannya, ketika amalan siang hari dengan dakwah, jihad dan ilmu bersambung dengan amalam malam dari ibadah, istighfar dan doa maka saat itu terwujud lengsernya ghurbah kedua (keterasingan) yang umat kita sekarang mengalaminya. Ketika Allah mengangkat ulama-ulama umat ini dan mencapai kemenangan dan penguasaan, terwujudlah janji dan dimulakan sejarah era baru.